Dalam buku terbarunya yang berjudul Marketing Revolution, Tung Desem Waringin menjelaskan tentang 6 usaha marketing revolution. Usaha tersebut merupakan dasar-dasar yang menjadi acuan bagi para street smart marketer.
Apa sajakah 6 Usaha Marketing Revolution? Ini dia penjelasan singkatnya :
1. Fokus mendatangkan calon customer lebih dulu & lebih banyak
Bagaimana caranya mendatangkan calon customer ke tempat usaha kita? Cara terbaik yang diutarakan Pak Tung adalah dengan memasang iklan dengan headline yang powerful. Coba kita perhatikan iklan-iklan yang ada di koran atau majalah. Iklan yang bagaimanakah yang menarik perhatian anda? Iklan yang seperti apakah yang menarik anda untuk melakukan aksi baik itu mencoba menelpon atau membeli?
Iklan yang bagus menurut Pak Tung bukan sekedar mengingatkan, tapi juga menawarkan sesuatu yang memenuhi 3 kriteria USP (Ultimate Advantage, Sensational Offer, Powerfull promise). Untuk penjelasan lebih lanjut akan saya bahas pada artikel berikutnya.
2. Mengubah calon pembeli menjadi pembeli
Pernahkan anda berkeliling di mall dan memperhatikan begitu banyak calon pembeli lalu lalang? Apakah mereka berbelanja di semua toko? Toko yang bagaimana yang menarik perhatian pembeli?
Berikut beberapa cara yang bisa digunakan :
- Mengubah layout toko (misal : letak odol dekat dengan sabun)
- Memberikan garansi produk maupun jasa
- Melakukan demo produk
- Meminta testimoni positif dari para pelanggan
- Mempermudah pembayaran misal : bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit
3. Memperbanyak pembelian per customer
Untuk meningkatkan omzet penjualan bisa dengan cara memperbanyak pembelian per customer. Adapun cara-cara yang biasa digunakan :
- Menawarkan paket diskon lebih banyak, terutama pada hari raya dan hari libur
- Memberikan Check List, yaitu daftar barang yang cocok dengan yang diperlukan
4. Mempersering pembelian per customer
Pembeli harus dibuat puas dengan produk atau jasa yang kita jual sehingga mereka sering melakukan transaksi dengan kita. Usahakan agar mereka menjadi pelanggan kita. Banyak cara-cara yang bisa dilakukan misalnya :
- Memberikan servis produk dan jasa yang terbaik.
- Melakukan kontak rutin kepada pembelinya lewat email, telepon apabila ada produk baru
- Memberikan Voucher Gratis. Misal : 10X cuci gratis 1 kali
- Katakan kalimat sederhana ini : “besok datang lagi pak..”
- Adakan hadiah berseri berbeda tiap minggu, jadi mereka harus datang tiap minggu.
5. Memperbanyak konsumen memberi referensi
Setelah membuat pelanggan kita puas dengan pelyanan kita usahakan agar pelanggan tersebut memberikan referensi kepada teman-temannya. Salah satu caranya adalah apabila pelanggan itu mengajak teman berbelanja ke tempat kita, maka mereka akan mendapatkan diskon.
6. Meningkatkan margin
Logikanya, kalau margin meningkat akan meningkatkan keuntungan kita.
Bagaimana caranya meningkatkan margin? Berikut contoh sederhananya :
Apa sajakah 6 Usaha Marketing Revolution? Ini dia penjelasan singkatnya :
1. Fokus mendatangkan calon customer lebih dulu & lebih banyak
Bagaimana caranya mendatangkan calon customer ke tempat usaha kita? Cara terbaik yang diutarakan Pak Tung adalah dengan memasang iklan dengan headline yang powerful. Coba kita perhatikan iklan-iklan yang ada di koran atau majalah. Iklan yang bagaimanakah yang menarik perhatian anda? Iklan yang seperti apakah yang menarik anda untuk melakukan aksi baik itu mencoba menelpon atau membeli?
Iklan yang bagus menurut Pak Tung bukan sekedar mengingatkan, tapi juga menawarkan sesuatu yang memenuhi 3 kriteria USP (Ultimate Advantage, Sensational Offer, Powerfull promise). Untuk penjelasan lebih lanjut akan saya bahas pada artikel berikutnya.
2. Mengubah calon pembeli menjadi pembeli
Pernahkan anda berkeliling di mall dan memperhatikan begitu banyak calon pembeli lalu lalang? Apakah mereka berbelanja di semua toko? Toko yang bagaimana yang menarik perhatian pembeli?
Berikut beberapa cara yang bisa digunakan :
- Mengubah layout toko (misal : letak odol dekat dengan sabun)
- Memberikan garansi produk maupun jasa
- Melakukan demo produk
- Meminta testimoni positif dari para pelanggan
- Mempermudah pembayaran misal : bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit
3. Memperbanyak pembelian per customer
Untuk meningkatkan omzet penjualan bisa dengan cara memperbanyak pembelian per customer. Adapun cara-cara yang biasa digunakan :
- Menawarkan paket diskon lebih banyak, terutama pada hari raya dan hari libur
- Memberikan Check List, yaitu daftar barang yang cocok dengan yang diperlukan
4. Mempersering pembelian per customer
Pembeli harus dibuat puas dengan produk atau jasa yang kita jual sehingga mereka sering melakukan transaksi dengan kita. Usahakan agar mereka menjadi pelanggan kita. Banyak cara-cara yang bisa dilakukan misalnya :
- Memberikan servis produk dan jasa yang terbaik.
- Melakukan kontak rutin kepada pembelinya lewat email, telepon apabila ada produk baru
- Memberikan Voucher Gratis. Misal : 10X cuci gratis 1 kali
- Katakan kalimat sederhana ini : “besok datang lagi pak..”
- Adakan hadiah berseri berbeda tiap minggu, jadi mereka harus datang tiap minggu.
5. Memperbanyak konsumen memberi referensi
Setelah membuat pelanggan kita puas dengan pelyanan kita usahakan agar pelanggan tersebut memberikan referensi kepada teman-temannya. Salah satu caranya adalah apabila pelanggan itu mengajak teman berbelanja ke tempat kita, maka mereka akan mendapatkan diskon.
6. Meningkatkan margin
Logikanya, kalau margin meningkat akan meningkatkan keuntungan kita.
Bagaimana caranya meningkatkan margin? Berikut contoh sederhananya :
- Apabila kapasitas/permintaan rame, tingkatkan harga, maka margin bertambah. Ini biasa dilakukan saat kita membeli tiket pesawat pada musim liburan atau hari raya.
- Mengurangi biaya minimal 10%. Biaya yang dimaksud adalah biaya telpon, listrik, kertas, dll..
- Fokus pada produk yang laku dan margin bagus. Misalkan kita punya toko buku maka fokuslah menjual buku yang best seller dan banyak dicari pembeli.
- Beli dalam jumlah besar sehingga dapat diskon lebih banyak.
- Hentikan iklan yang tidak menghasilkan
Oke demikian ulasan saya, semoga bisa bermanfaat.
Kata penutup dari saya :
Semakin banyak Memberi (nilai tambah), Semakin banyak Menerima (untung).
Kata penutup dari saya :
Semakin banyak Memberi (nilai tambah), Semakin banyak Menerima (untung).
Sumber : http://www.motivasi-bligus.blogspot.com/2009/08/6-usaha-marketing-revolution-tdw.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar